Saturday 5 September 2015

Pengertian dan Unsur Terbentuknya Bangsa

Posted by de Fairest at 15:50
Pengertian Bangsa

Selain istilah rakyat, penduduk, warga negara untuk menyebut penghuni negara digunakan pula istilah bangsa. Menurut Ernest Renan, bangsa adalah sekelompok manusia yang dipersatukan karena memiliki persamaan sejarah dan cita-cita yang sama, suatu bangsa juga harus terikat oleh tanah air yang sama. Hasrat bersatu yang didorong oleh persamaan sejarah dan cita-cita meningkatkan rakyat menjadi bangsa. Beberapa pendapat mengenai bangsa juga diungkapkan oleh ahli yang lain :

1. Suryono Sukanto
Bangsa diartikan sebagai berikut :
  • Unit yang mandiri
  • Suatu kelompok teritorial dengan hak kewarganegaraan yang sama, memiliki karakteristik yang sama.
2. Otto Bauer
Bangsa adalah kelompok manusia yang mempunyai persamaan karakter yang tumbuh karena persamaan nasib

3. F. Ratzel
Bangsa terbentuk karena adanya hasrat bersatu. Hasrat itu timbul karena adanya hasrat kesatuan antara manusia dan tempat tinggalnya.

4. Hans Kohn
Bangsa adalah buah hasil tenaga hidup manusia dalam sejarah. Suatu bangsa merupakan golongan yang beraneka ragam dan tidak bisa dirumuskan secara eksak. Kebanyakan bangsa memiliki faktor-faktor objek tertentu yang membedakannya dengan bagsa lain. Faktor itu berupa persamaan adat istiadat, kesamaan politik, persamaan dan agama.

5. Jalopseen dan Lipman
Bangsa adalah kesatuan budaya dan suatu kesatuan politik. Meskipun di kalangan pakar kenegaraan belum terdapat persamaan pengertian bangsa, namun faktor objektif yang terpenting dari suatu bangsa adalah adanya kehendak atau kemauan bersama yang lebih dikenal nasionalisme. Dalam kehidupan suatu bangsa kita harus menyadari adanya keanekaragaman yang dilandai oleh rasa persatuan dan kesatuan.

0 comments:

Post a Comment

 

de Civic Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review